Home » Profil Jurusan

Profil Jurusan

Program Studi Magister Teknik Industri sejak beroperasinya telah memperlihatkan perkembangan cukup pesat. Hal paling menggembirakan adalah semakin tingginya aksestabilitas dari industri dan masyarakat terhadap lulusan Magister Teknik Industri. Hingga saat ini, lulusan Teknik Industri telah tersebar diberbagai industri jasa dan industri manufaktur, pemerintah maupun swasta.

 

Saat ini, proses globalisasi bisnis telah memasuki tahap yang tidak mungkin lagi di tahan perkembangannya. Persoalan yang muncul adalah bukan bagaimana kita menghindari perkembangan yang terjadi, tetapi bagaimana kita dapat hidup di dalam proses globalisasi tersebut. Jalan terbaik yang dapat diyakini keberadaannya, bahwa proses peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu kunci jaminan atas kemampuan kita bertahan dalam menghadapi persaingan di masa depan, apapun bentuk peningkatan yang terjadi nantinya.

 

Peran teknik industri tidak terlepas dari perubahan-perubahan di bidang industri yang penuh dengan persaingan yang semakin tidak menentu. Peningkatan kualitas pada industri manufaktur serta kemampuan mengelola logistik pada konsep manajemen rantai pasok merupakan hal penting yang harus disiapkan untuk menghadapi persaingan. Terkait kondisi ini maka pendidikan Magister Teknik Industri akan diarahkan untuk menjawab kebutuhan Industri Nasional akan tenaga ahli dalam hal Manajemen Kualitas dan Manufaktur serta tenaga ahli dalam bidang Logistik dan Manajemen Rantai Pasok. Kemampuan melakukan  perancangan sistem manufaktur, rekayasa kualitas, rekayasa rantai pasok, serta perancangan sistem transportasi dan distribusi merupakan bagian dari kompetensi yang dibutuhkan.